Tumbuhnya rambut di bagian perut waktu hamil

 Hamil yaitu pengalaman hebat yang mungkin saja tidak terlupakan ya. Nah, pada saat kehamilan, banyak perubahan yang dihadapi. Untuk yang alami kehamilan pertama kalinya, mungkin saja sebagian perubahan mencetuskan pertanyaan: ini lumrah atau tidak ya?

Pada sistem kehamilan, hal yang lumrah Bunda alami yaitu mual-mual dan ukuran badan yang jadi bertambah. Namun ada perubahan beda yang umum berlangsung juga saat hamil lho. Umpamanya tumbuhnya rambut halus dibagian perut. Tenang, ini tidak dihadapi semuanya ibu hamil. Namun jikalau merasakannya juga tidak butuh cemas terlalu berlebih.

"Tumbuhnya rambut di bagian perut waktu hamil itu wajar. Dan penyebab kenapa bisa tumbuhnya rambut di area perut, karena ada hormon androgen pada bayi yang dapat mempengaruhi ibunya," kata dr Hendrivand SpOG, merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di RS Permata Depok.

Nah, bila Bunda merasakannya serta terasa terganggu, Bunda mungkin memotongnya atau mencukurnya. Namun janganlah memakai bahan kimia pembasmi rambut halus sepanjang kehamilan, untuk keamanan si jabang bayi ya, Bun. Bila menginginkan dicukur, kerjakan dengan hati-hati serta yakinkan semuanya instrumen atau alat yang Bunda pakai disterilkan.

Umumnya rambut halus ini juga akan hilang sesudah melahirkan. Namun memanglah sich memerlukan saat yang tidak singkat. Telah gitu, sesungguhnya rambut halus di perut Bunda telah ada, cuma saja karna dampak hormon buat rambut halus itu jadi terlihat lebih terang.

Dengan tumbuhnya rambut dibagian perut Bunda, ada pula yang berasumsi kalau kelak si kecil juga akan mempunyai rambut yang lebat juga, benar tidak ya? "Faktor lebat atau tipisnya rambut dipengaruhi faktor lain. Selain hormon androgen, genetik dan eksterogen juga turut mempengaruhi lebat atau tidaknya rambut si kecil," tambah dr Hendrivand.